Ingin Sehat? Mendaki Gunung Saja

Ingin Sehat? Mendaki Gunung Saja

11 Jul 2018   |   By Reny Tanjung   |   524 Views

Coklatkita.com - Sobat coklat suka mendaki gunung? mendaki merupakan suatu kegiatan yang memiliki kepuasan tersendiri dikala kita bisa sampai di puncak gunung apa lagi jika medan yang dihadapi sangat sulit. Mendaki juga merupakan sarana untuk mendekatkan diri kepada alam secara menyenangkan. Selain menyenangkan mendaki gunung juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan sob.

 

1. Meningkatkan kapasitas kerja jantung dan paru-paru

Mendaki gunung membutuhkan tenaga yang besar, jalanan yang terjal dan medan sulit akan membentuk kekuatan dari jantung dan juga paru-paru. Dengan meningkatnya kapasitas dari orangan tersebut makan akan memperkecil resiko dari serangan jantuk juga stroke, mengoptimalkan suplai oksigen dan peredaran darah dengan meningkatnya kapsitas jantung dan paru paru maka tentu saja dapat terhindar dari berbagai macam penyakit

 

2. Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh

Mendaki gunung membutuhkan stamina dan daya tahan tubuh yang lebih kuat sehingga kita akan melakukan olahraga dahulu untuk persiapan mendaki. Dengan seringnya sobat coklat mendaki maka akan banyak juga persiapan yang sobat coklat lakukan, hal ini tentu saja akan membuat stamina dan daya tahan sobat coklat meningkat.

 

3. Memperkuat otot-otot kaki

Mendaki gunung yang bisa anda lakukan secara rutin, pastinya akan memperkuat otot kaki, dan juga dapat berpengaruh pada kekuatan tulang tulang, sehingga mampu memperkecil resiko terkena osteoporosis sob.

 

4. Menurunkan berat badan

Mendaki gunung menjadi salah satu metode yang baik untuk menurunkan berat. Hal ini disebabkan karena kalori yang terbakar ketika sobat melakukan kegiatan pendakian sangatlah besar. Sehingga sudah dipastikan sobat coklat bisa menjaga berat badan bahkan menurunkan berat badan.

 

5. Membentuk mental dan pikiran yang kuat dan sehat

Mendaki juga sangat bermanfaat bagi pembentukan karakter, mental dan pikiran yang kuat dan tegas. Dalam mendaki dibutuhkan keahlian dalam hal pengelolaan insting dan juga pengelolaan emosi yang baik. Dengan seringnya melakukan kegiatan mendaki, maka pengelolaan insting dan emosi akan terasah yang pastinya akan berpengaruh pada mental dan pikiran yang sehat dan kuat.

 

6. Relaksasi dan hiburan

Mendaki gunung juga isa menjadi salah satu sarana hiburan dan juga relaksasi sob. Dengan kehidupan kota yang penat juga menuh tekanan maka sobat coklat membutuhkan sebuah ruang yang tenang dan juga segar melalui kegiatan mendaki

 

7. Meningkatkan daya ingat seseorang

“Berolahraga (termasuk mendaki gunung) dapat meningkatkan energi dan menambah serotonin dalam otak”, David Atkinson. Hormon serotonin sendiri berfungsi sebagai midulator kerja otak untuk menstabilkan emosi dan meningkatkan pemahaman. Sehingga bisa dikatakan bahwa daya ingat otak akan semakin baik jika sobat coklat mendaki gunung.

 

8. Menyembuhkan kanker payudara

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh Internasional Journal of Sport and Medicine, mendaki gunung sangat bermanfaat dalam memulihkan dan mengobati penderita kanker payudara.

 

9. Mengurangi resiko diabetes

Diabetes merupakan suatu penyakit di mana tubuh tidak bisa menghasilkan insulin (hormon pengatur gula darah) sehingga mengakibatkan gula darah meningkat. Nah Menurut penelitian, aktivitas fisik dan makan yang teratur adalah cara terbaik untuk mengatasi diabetes.

 

Tertarik mencoba naik gunung? Persiapkan hal-hal ini sebelum sobat coklat memutuskan mendaki gunung.

  1. Pilih rekan yang sering mendaki gunung (sebagai teman mendaki dan juga guide)
  2. Pilih lokasi pendakian yang sesuai dengan kemampuan.
  3. Perhatikan kondisi cuaca yang bersahabat
  4. Kesiapan fisik dan mental dipersiapkan jauh hari sebelum keberangkatan
  5. Kesiapan logistik, peralatan mendaki juga perbekalan harus disiapkan secara matang.

Sudah siap? Yuk mendaki

Tags :