Micro Library Bandung

Micro Library Bandung

11 Sep 2015   |   By Alfan Baedlowi   |   5160 Views

Coklatkita.com- Sobat Coklat suka membaca? Kini saatnya untuk mengunjungi perpustakaan baru yang ada di Kota bandung yaitu Mikro Library. Uniknya bangunan ini dirancang dari 2000 ember eskrim bekas yang disulap menjadi ekterior dan interior bangunan tersebut.

Dompet Dhuafa membangun "Micro Library" atau Miclib di Taman Bima Kecamatan Cicendo Kota Bandung untuk menyosialisasikan perpustakaan sekaligus meningkatkan budaya membaca di masyarakat.

"Sebagai proyek pertama di Kota Bandung, Dompet Dhuafa berharap program ini bisa terus berkembang di taman-taman lain bahkan di ruang publik Kota Bandung sesuai dengan program yang dicanangkat pemkot Bandung," kata Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jawa Barat, Dhoni Marla di Bandung.

Microlib pertama yang dibangun di Cicendo itu, menurut dia hasil  kerja sama Dompet Dhuafa Jawa Barat, Pemerintah Kota Bandung  dan SHAU Architecture & Urbanism. Menurut dia dengan adanya miclib  diharapkan perpustakaan semakin populer di tengah-tengah masyarakat, sehingga keberadaannya dapat menjadi elemen yang nantinya mampu menyejahterakan masyarakat.

Dalam rangka mewujudkan Bandung sebagai World Book Capital tahun 2017 menurut dia Pemkot Bandung memang sedang gencar-gencarnya membangun serta memperbaiki perpustakaan yang ada di Kota Bandung. Terkait design bangunan, kata Adin, semuanya diserahkan kepada pihan SHAU selaku arsitek. Menurutnya, bangunan Miclib tersebut dibangun dua lantai dengan membebaskan area lantai bawah untuk kegiatan warga. Sedangkan untuk perpustakaannya sendiri akan menggunakan lantai dua dari bangunan tersebut

.

"Uniknya lantai dua Miclib Taman Bima dibangun menggunakan 2000 buah ember eskrim ukuran besar yang disusun sedemikian rupa membentuk pola kode biner yang apabila discan akan menghasilkan kalimat 'Buku Adalah Jendela Dunia'," kata Adin menambahkan.

Untuk Sobat Coklat yang ingin berkunjung ke perpustakaan ini, langsung saja datang ke Jl.Bima Kel.Arjuna Kec.Cicendo Kota Bandung.

Sumber: antaranews.com

Sumber foto:

Tags : library , bandung