Ragam Lensa Kontak Sesuai Kebutuhan

Ragam Lensa Kontak Sesuai Kebutuhan

2 Oct 2015   |   By Karolina Ketaren   |   1792 Views

Coklatkita.com- Kebanyakan dari kita menggunakan lensa kontak dengan alasan warna yang beragam atau karena mereknya yang terkenal. Sobat Coklat pemakai dari lensa kontak? Sudah tahu bagaimana perbedaan dan keunggulan dari banyak jenis lensa kontak ini? Coklat Kita kali ini akan membahas aneka lensa kontak berdasar jenis dan keunggulannya. Yuk lihat mana yang mungkin cocok untuk kamu.

Untuk Penderita Myopi

Sobat Coklat penderita myop atau rabun jauh? Lensa jenis Rigid Gas Permeable memang sangat cocok untuk kamu. RGP juga disebut semi-hardlens karena fisik dari lensa yang keras dan kaku. Meski memiliki tingkat kenyamanan yang rendah, jenis lensa ini dianggap sebagai lensa yang memiliki daya tembus oksiden paling baik diantara jenis lainnya Lensa yang sangat baik untuk kornea ini bahkan dianjurkan oleh dokter bagi yang memiliki kelainan pada mata.

Untuk kamu yang “Si Stylist”

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan Hydroxyethylmethacrylate (HEMA), atau lebih dikenal dengan soflens. Tampilan dari jenis lensa kontak ini begitu lembut dan lentur yang membuatnya nyaman untuk dipakai sehari-hari. Dengan variasi warna yang cukup banyak, kamu tentu bisa lebih fleksibel memilih warna lensa.  Namun, harus kamu perhatikan kalau jenis lensa ini sangat bergantung pada besarnya kadar air. Karena sifatnya yang (water loving) atau Hydrophilic, softlens ini sering membuat mata penggunanya terasa kering. Tapi, tidak usah khawatir kamu bisa menggunakan cairan khusus untuk softens untuk mengatasi masalah ini.

Untuk kamu “Si Sibuk”

Sobat Coklat wanita super sibuk? Beraktivitas padat selama seharian? Rasanya jenis lensa kontak yang satu ini cocok untuk kamu. Lensa bernama Silicone Hydrogel ini bisa menjadi solusi. Kenggulan dari lensa ini lentur seperti softlens, menyerap air dengan kadar rendah, tapi menyerap oksigen lima kali lebih baik. Jenis lensa ini kontak ini sangat cocok untuk kamu yang memerlukan penggunaan lensa kontak dalam waktu lama. Bahkan, kamu bisa pakai lensa ini sampai dengan 12 jam sehari.

Selain bisa dibedakan dari jenis materialnya, lensa kontak ini juga bisa dibagi berdasar waktu pemakaiannya. Pemakaian bulanan, mingguan, dan harian, tentu semuanya bergantung pada gaya hidup Sobat Coklat. Pada dasarnya semua jenis lensa ini aman, asal digunakan sesuai dengan anjuran pemakaiannya. Yang harus dihindari adalah lupa melepas lensa kontak sebelum kamu hendak tidur.

Diolah dari optikmelawai.com

Gambar: mamashelath.com

Tags : Kiat Sehat , Mata , Lensa Kontak , Wanita