Tips Fit Puasa Sebulan Penuh!

Tips Fit Puasa Sebulan Penuh!

6 Jun 2016   |   By Karolina Ketaren   |   1308 Views

Coklatkita.com- Apa yang kamu rasakan saat ini Sobat? Haus? Lapar? Pastinya semua umat muslim yang sedang menjalankan puasa merasakan ini saat puasa. Nah, Tips Coklat kali ini akan memberi kamu jurus untuk fit dan semangat berpuasa selama sebulan ini. Apa saja tipsnya? Yuk Simak Sobat!

Jangan Lewatkan Makan Sahur

Rutinitas ini pasti kamu lakukan sebelum menahan lapar seharian bukan? Nah Sobat, meskipun rasa malas menggunung, yang namanya sahur hukumnya wajib untuk kamu lakukan. Sahur ini tidak berbeda esensinya dengan sarapan pagi Sobat. Seperti orang yang tidak sarapan, tidak sahur juga bisa memicu kelelahan di siang harinya Sobat Coklat. Jika sulit untuk sahur, jangan lupa set alarm kamu setiap hari ya. Yang penting ritual ini terlaksana tanpa terlewat Sobat.

Ilustrasi Sahur

Buat Variasi Menu Berbuka Puasa, Makan Malam, dan Sahur

Hal sederhana ini mungkin agak ribet untuk kamu lakukan ya. Tapi percaya deh, kegiatan ini menyenangkan kok Sobat Coklat. Dengan mengatur menu makanan, kamu akan menantikan setiap momen makan atau minum. Tapi satu hal yang perlu diingat, jangan sampai menyiapkan makanan dalam jumlah berlebihan. Jika itu kamu lakukan, maka rasa kantuk yang berlebihan pasti menghampirimu Sobat dan semangat sudah pasti tidak ada.

Olahraga Kecil

Siapa bilang orang yang puasa tidak boleh berolahraga Sobat Coklat? Malah hal ini masih dianjurkan untuk dilakukan Sobat. Untuk berolahraga, kamu bisa  berlari-lari kecil di pagi hari atau olahraga di sore hari menjelang berbuka puasa. Yuk, tetap jaga badan supaya tetap bugar meskipun dalam keadaan berpuasa.

Ilustrasi jogging

Konsumsi Air Putih Secukupnya

Sobat, terkadang oranag yang berpuasa mengabaikan konsumsi air putih. Nah, sebaiknya air putih menjadi minuman utama yang harus berada di dekat kamu Sobat. Selama 12 jam menahan haus, cairan tubuh harus tetap diganti Sobat. Jika bingung bagaimana mengatur minum saat puasa, kamu bisa melakukan langkah simpel ini. Minumlah ketika terbangun dari tidur untuk sahur, setelah makan sahur, ketika berbuka puasa, selepas shalat tarawih, selepas makan malam, dan ketika hendak tidur kembali Sobat Coklat.

Cukupi Kebutuhan Buah dan Sayur

Saat berbuka puasa, akan ada banyak makanan yang bisa dibilang “kurang sehat” untuk kamu konsumsi. Nah, untuk menjaga kondisi badan dan mencukupi asupan serat dan vitamin, sediakan juga buah-buahan ya Sobat. Tidak usah menyediakan banyak jenis buah Sobat karena tidak semua akan sempat dimakan. Yang terpenting, satu atau dua jenis buah tersedia setiap harinya.

Ilustrasi berbaik sangka

Selalu Berbaik Sangka

Nah yang terakhir, jangan lupa untuk banyak memikirkan hal-hal yang baik saja selama berpuasa Sobat. Memikirkan hal yang negatif ketika puasa akan menguras banyak energi kamu Sobat. Bahkan, kelelahan yang luar biasa bisa diakibatkan dari stress dan negative thinking ini Sobat. Jadi, lakukanlah segala aktifitasmu dengan rasa senang ya Sobat Coklat.

Sukses berpuasanya ya Sobat Coklat!

Gambar: cdn.bancodasaude.com, seattleglobalist.com, edge.alluremedia.com.au, dan ciricara.com

Tags : Puasa , Fit Puasa , Tips Sehat Puasa



  • dusedprom
    dusedprom
    8 Dec 2017