Tragis, 7 Fauna Indonesia Ini Terancam Punah!

Tragis, 7 Fauna Indonesia Ini Terancam Punah!

27 Sep 2016   |   By Harry Zein   |   1814 Views

Coklatkita.com- Selain Flora, sudah tidak asing lagi kalau fauna asli Indonesia pun jumlahnya berada dalam kondisi kritis Sobat. Meskipun sudah ada upaya konservasi, tetap saja kondisi hewan langka ini cukup mengkhawatirkan bukan Sobat? Inilah hewan endemik Indonesia yang terancam punah Sobat Coklat.

Badak Jawa

Rhinoceros sondaicus, badak Jawa atau biasa dikenal dengan badak bercula satu merupakan hewan khas Indonesia yang saat ini hanya bisa Sobat Coklat lihat di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten. Saat ini hanya 35 hingga 45 ekor saja badak Jawa yang tersisa. Kepunahan dari badak ini terjadi akibat banyak pemburuan masyarakat Sobat. Hewan yang diburu culanya ini diprediksikan menjadi hewan terlangka di dunia.

Kanguru Pohon

Seperti Australia, ternyata Indonesia punya kangurunya sendiri Sobat. Dengan nama latin Dendrolagus mayri, kanguru pohon ini hanya ada di Indonesia bagian paling Timur yaitu Papua Sobat. Kanguru ini mempunya perilaku khas dengan bergelayut di pepohonan. Saat ini populasi kanguru pohon ini sangat mengkhawatirkan Sobat. Bayangkan saja, kanguru yang tersisa hanya berkisar 50 ekor saja di dunia.

Ikan Pesut Mahakam

Pernah mendengar sungai Mahakam Sobat? Nah, ikan pesut Mahakam (Orcaella brevirostis) ini merupakan hewan endemik asli dari tempat itu Sobat. Keunikannya dari ikan pesut ini yaitu dapat hidup di air tawar. Sayangnya diperkirakan ikan ini terancam punah dengan populasi hanya berkisar 70 ekor saja Sobat.

Macan Tutul Jawa

Nama latin dari hewan ini adalah Panthera pardus melas Sobat, dalam bahasa inggris disebut javan leopard. Sama seperti ikan Pesut Mahakam, macan tutul ini merupakan hewan endemik Pulau Jawa. Populasi hewan ini juga termasuk kritis dengan perkiraan jumlah hanya berkisar 125 ekor.

Badak Sumatera

Sama seperti Pulau Jawa, Sumatera juga mempunyai hewan endemiknya sendiri Sobat. Diderinochenus sumantretis dikenal juga badak bercula dua yang hanya hidup di Sumatera tentunya. Saat ini badak bercula dua diperkirakan hanya berjumlah 275 ekor saja. Konservasi pun sudah dilakukan untuk menjaga hewan ini dari kepunahan.

Kura-kura Hutan Sulawesi

Kura-kura hutan Sulawesi mempunyai tubuh bewarna coklat kehitaman Sobat. Hewan endemik  Pulau Sulawesi ini termasuk salah satu kura-kura yang paling rentan untuk punah Sobat Coklat. Bahkan, jumlahnya pun saat ini tidak lebih dari 250 ekor saja.

Katak merah

Katak dengan bintik-bintik hitam ini bertubuh kecil dengan kulit halus yang tentunya bewarna merah Sobat.  Hewan amfibi ini tinggal di kawasan gunung di Jawa Barat seperti Gunung Salak dan Gunung Gede Pangrango. Hewan ini juga terancam punah Sobat, bahkan jumlah sisa dari populasi katak merah ini tidak jelas diketahui. 

Sumber: ilmugeografi.com | Gambar: alamendah.org, auriga.or.id, getborneo.com, merdeka.com, hariprajitno.files.wordpress.com, news.liputan6.com, imgur.com

Tags : Hewan Langka Indonesia , Katak Merah , Kanguru Pohon , Badak Bercula Satu