Hobi Jadi Pundi di Komunitas Rumah Daun

Hobi Jadi Pundi di Komunitas Rumah Daun

28 Aug 2015   |   By Karolina Ketaren   |   2536 Views

coklatkita.com- “Rumah Daun,” dari nama dari komunitas pecinta tanaman hias ini saja sudah menggambarkan para anggotanya yang gemar merawat tanaman. Tak hanya mengumpulkan orang-orang penyuka tanaman saja, komunitas yang berdiri di tahun 2007 ini juga menjadi sarana bisnis bagi para anggotanya.

Awalnya komunitas ini terbentuk dari para nursery (sebutan bagi orang yang mempunyai hobi bercocok tanaman hias) dari berbagai latar belakang. Karyawan bank, penggiat seni, hingga wirausahan tergabung dalam keanggotaan komunitas ini. Dan dari hobi itu, mereka membuat komunitas ini untuk menyalurkan hobinya secara lebih jauh. Kegiatan yang diusung oleh komunitas ini terdiri diskusi menyoal tanaman hias sampai proses pembudidayaannya. Para anggotanya, mempunyai perannya masing-masing untuk mengembangbiakan tanaman, seperti menyetek atau mencangkok, bahkan hingga menyiapkan bahan dan alat-alat penanaman.

Tanaman di Komunitas Rumah Daun

Seiring waktu berjalan, komunitas ini tidak sekedar mengumpulkan orang berkesamaan hobi saja. Kini, Rumah Daun juga menjadi lahan bisnis bagi para membernya. Dengan volume tanaman yang bertambah dari komunitas ini, mereka pun ikut terjun memasarkan tanaman-tanaman tersebut ke tengah masyarakat, khususnya para pecinta tanaman hias.

Komunitas ini berlokasi di kawasan Danau Dendam Kota Bengkulu. Tempat ini memiliki area sekitar 2 hektar. Lahan yang cukup luas ini mempunyai ketersediaan air yang sangat cukup untuk menjadi sumber terpenting yang dibutuhkan berbagai tanaman hias yang ada di Rumah Daun.

Ternyata tak hanya tanaman hias saja yang dipasarkan. Tanaman buah dan obat tak luput dari garapan Rumah Daun. Bahkan mereka memiliki keunggulan tersendiri, yaitu dengan melakukan segala proses pengembangbiakan secara organik dan nonpestisida juga pupuk kimia.

Kegiatan Komunitas Rumah Daun

Tanaman hias yang ada di Rumah Daun ternyata bukan sekedar untuk diperjualbelikan. Rumah Daun juga juga menyewakan tanaman yang mereka rawat. Bahkan dari jasa penyewaan ini mereka bisa mengantongi pendapatan yang cukup lumayan. Tanaman yang biasa disewakan adalah jenis sanseviera (lidah mertua).

Berbeda lagi dari sisi penjualan, Rumah Daun memasarkan tanaman hias dari harga Rp. 15.000 sampai Rp. 25.000. Harga ini tergolong cukup murah dibanding di tempat penjualan bunga lainnya. Tunggu apalagi, Sobat Coklat Bengkulu penyuka tanaman hias, bisa gabung dengan komunitas ini. Jadikan hobi kamu juga sebagai ladang pundi di Komunitas Rumah Daun. Untuk kamu yang ingin bergabung bisa mengunjungi fanpage facebook-nya atau berkunjung ke kawasan Danau Dendam.

Sumber: jitunews.com
Foto: Dokumentasi Pribadi Komunitas

Tags :