5 Kiat Sehat Setelah Lebaran

5 Kiat Sehat Setelah Lebaran

6 Jul 2016   |   By Ketaren K.   |   1263 Views

Coklatkita.com-  Kecenderungan setelah Hari Raya Idul Fitri, berat badan seseorang biasanya akan naik secara drastis bukan Sobat? Ada  juga yang mungkin mengalami masalah pencernaan karena makan tanpa atura. Dari kedua hal itu apa Sobat pernah mengalaminya? Jika ya, tips berikut pasti bisa manjur buat dilakukan.

Perhatikan Kualitas Makanan dan Minuman

Sobat Coklat, berbagai hidangan pasti akan tersaji di rumah kamu. Tak hanya menyantap makanan khas lebaran, kamu juga akan cenderung membeli makanan dari luar. Itu mungkin karena kamu bosan dengan makanan yang ada bukan? Nah, kebanyakan orang kehilangan kontrol makan dan minum Sobat ketika lebaran tiba. Ketika itu terjadi, jangan lupa untuk tetap mengatur pola makan agar tidak berlebihan ya. Jangan sampai diare menghinggapi kamu setelah hari kemenangan.

Makan Nasi Sedikit Ketika Banyak Ngemil

Nah Sobat, camilan yang terhidang di rumah kamu akan cenderung banyak yang berasa manis bukan? Tak hanya itu, olahan rumah lainnya juga akan lebih didominasi makanan bersantan. Jika itu terjadi, ada baiknya kamu menghindari makan nasi terlalu banyak ya Sobat Coklat. Asupan gula berlebih setelah lebaran harus hindari buat mencegah penyakit gula.

Lebihkan Konsumsi Air Putih

2 Liter air sehari adalah anjuran konsumsi harian yang disarankan para ahli kesehatan Sobat. Namun setelah lebaran, konsumsi makanan yang cenderung berlebihan mengharuskan kamu minum lebih banyak. Mengapa? Banyaknya jenis makanan yang kamu makan tentu mengharuskan konsumsi air yang ekstra juga bukan? Cegah dehidrasi dengan melebihkan konsumsi air putih lebih dari biasa ya!

Usahakan Tidur Cukup

Sobat, ada baiknya kamu memaksakan untuk tidur minimal 6 jam. Pulihkan lagi energi kamu dengan tidur berkualitas Sobat. Hal ini perlu kamu lakukan untuk menormalkan kembali siklus tidur harian kamu. Aktifitas kamu yang cenderung kurang tidur di bulan Ramadhan bisa diobati dengan tidur cukup setelah lebaran.

Konsumsi Buah dan Sayur

Sobat Coklat, lemak dan karbohidrat berlebih itulah kunci dari masalah berat badan. Nah, ketika lebaran tiba, dua zat tadi adalah yang juga dominan terkandung dalam makanan Sobat. Baiknya sajikan sayuran dan buah juga di meja makan Sobat ya. Untuk memudahkan konsumsi buah dan sayur, membuatnya menjadi salad tidak ada salahnya bukan Sobat Coklat?

Selamat hari Raya Idul Fitri ya Sobat. Sehat terus ya!

Gambar: gorillagym.by, satujam.com, sciencedaily.com

Tags : Tips Sehat , Idul Fitri , Kiat Sehat Setalh Lebaran