Begadang Lebih Buruk daripada Makan Banyak Lemak!

Begadang Lebih Buruk daripada Makan Banyak Lemak!

10 Aug 2016   |   By Karol Ketaren   |   930 Views

Coklatkita.com- Sobat Coklat, pernah nggak kamu punya anggapan kalau penentu kesehatan seseorang adalah dari makanan sehat dan olahraga saja? Nah, anggapan ini memang benar, tapi hal ini juga penting kamu pentingkan Sobat, yaitu tidur.

Dari Huffington Post, diungkapkan oleh para peneliti Cedars-Sinai Medical Center di Los Angeles, meski sering diabaikan tidur adalah kegiatan yang jauh lebih penting bagi kesehatan. Sobat Coklat, dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa kurang tidur dapat membuat tingkat gula meningkat dan bisa mengarah pada diabetes tipe 2.

ilustrasi diabetes

Untuk menguji itu, akhirnya para peneliti mencoba membandingkan efek kurang tidur terhadap sensitifitas insulin (hormon yang dipompa ke dalam darah dan bisa meningkatkan tingkat gula darah dalam tubuh), Sobat.

Akhirnya sebuah percobaan pun dilakukan terhadap 8 anjing jantan yang mengonsumsi makanan tinggi lemak selama kurun waktu 6 bulan, dan anjing yang mengalami kekurangan tidur. Hasil yang mengejutkan Sobat, ditemukan bahwa  dengan bedagang semalaman kadar insulin anjing berkurang sebesar 33 persen, sedangkan anjing yang mengonsumsi lemak selama 6 bulan tadi kadar insulinnya hanya berkurang 21 persen saja.

ilustrasi begadang

“Penelitian ini menunjukkan pentingnya tidur yang cukup untuk menjaga kadar gula darah dan mengurangi resiko penyakit metabolik seperti diabetes dan obesitas,” ujar Dr. Josiane Broussard sebagai pemimpin studi ilmiah ini.

Pendapat lain yang mendukung riset ini datang dari Dr. Caroline M. Apovian sebagai juru bicara dari The Obesity Society. Ia mengatakan bahwa banyak orang yang mengerti tentang diet, namun tidak banyak yang mementingkan tidur sebagai penyeimbang kesehatan di dalam tubuh.

Yuk Sobat Coklat, porsikan tidur yang sehat tentunya buat kesehatan kamu.

Sumber: Antara News | Gambar: vox.com, geviral.com, drrondo.com

Tags : Efek Begadang , Obesitas , Penyebab Diabetes , kesehatan