Buat Kue Khas Kemerdekaan Yuk!

Buat Kue Khas Kemerdekaan Yuk!

18 Aug 2016   |   By Karol Ketaren   |   1138 Views

Coklatkita.com- Bagaimana cara Sobat Coklat menyambut kemerdekaan? Tentu banyak hal yang bisa kamu lakukan, salah satunya dengan membuat kue awuk-awuk Sobat. Saat ini mungkin jarang yang tahu kalau makanan ini adalah sajian khusus untuk merayakan kemerdekaan negara kita.

Sobat Coklat, kue ini berasal dari Kota Jawa Tengah, warnanya pun merah dan putih seperti bendera kebangsaan Indonesia bukan? Meskipun ada jenis kue lain yang lebih mirip warna dari bendera kita seperti red velvet dan raibow cake, tapi makanan yang lebih populer di era lampau ini bisa kamu lestarikan lagi Sobat.

Kue tradisional ini terbuat dari ketan, kelapa parut, dan gula pasir Sobat. Ingin mencoba membuatnya Sobat? Berikut panduan dari Chef Yeni bisa membantu kamu membuat penganan ini. Kamu perlu menyiapkan 500 gr tepung ketan, 225 gr gula, 1 sdt garam, pewarna makanan merah secukupnya, serta daun pisang (jika hendak mengukus dengan daun pisang).

Caranya, campurkan semua tepung ketan, kelapa parut, gula, dan garam. Bagi adonan tersebut menjadi dua bagian Sobat, ½ adonan untuk warna merah dan sisanya dibiarkan putih. Masukan adonan putih ke dalam loyang yang sudah diolesi minyak kelapa. Ratakan adonan putih dan masukan adonan warna merah menumpuk diatasnya. Kukus selama kurang lebih 30 menit hingga matang, kue pun siap disajikan Sobat.

Membuatnya mudah kan Sobat Coklat?

Sumber: vivanews.com | Gambar: suara.com, emedemujer.com

Tags : Khas Kemerdekaan , Kue Awuk-awuk