Hap! Tangkap Ayam untuk Ayam Tangkap

Hap! Tangkap Ayam untuk Ayam Tangkap

18 Jul 2016   |   By Innas Hasna   |   1135 Views

Coklatkita.com - Pernahkah Sobat Coklat mendengar nama "Ayam Tangkap"? Buat pecinta masakan Aceh sih, pasti sudah tidak asing lagi. Ayam Tangkap ini merupakan salah satu makanan tradisional khas Aceh. Seperti namanya, makanan ini berbahan dasar daging ayam yang dimasak dengan bumbu khusus dan disajikan dengan dedaunan yang renyah.

Ayam Tangkap ini dibuat dengan menggunakan ayam kampung potong, daun salam koja (temurui), daun pandan, cabai hijau, serta bumbu-bumbu dasar seperti bawang merah, bawang putih, cabai rawit, kunyit, jahe dan air asam jawa. Cita rasa yang bisa kita rasakan dari Ayam Tangkap ini adalah gurih dan renyah. Akan lebih nikmat kalau dinikmati dengan nasi hangat.

Dalam penyajiannya, Ayam Tangkap ini unik dan berbeda dengan olahan ayam lainnya. Ayam Tangkap disajikan dengan rajangan daun temurui dan daun pandan yang sudah digoreng hingga renyah. Dedaunan tersebut ditaburkan di atas ayam yang sudah dimasak. Tidak heran kalau makanan yang satu ini dijuluki juga sebagai "ayam sampah".

Kenapa namanya "Ayam Tangkap" yaa, Sobat Coklat? Asal-usulnya belum diketahui secara pasti, namun beberapa sumber menyebutkan nama ini diambil dari kebiasan masyarakat Aceh yang selalu menangkap ayam di halaman rumah mereka untuk kemudian dipotong dan dimasak.

Adakah makanan khas yang unik di daerah kamu, Sobat Coklat?

Sumber: negerikuindonesia.com | Gambar: glory-travel.com

 

Tags : kuliner , aceh , Ayam Tangkap , Makanan Khas Aceh