Bedain Yuk Antara Introvert dan Pemalu!

Bedain Yuk Antara Introvert dan Pemalu!

1 Mar 2016   |   By Karolina Ketaren   |   1693 Views

Coklatkita.com- Pernah nggak Sobat Coklat memperhatikan orang yang terlihat pemalu? Apa sebabnya kamu memberikan label pemalu untuknya? Nah, ternyata orang kita sering salah membedakan antara pemalu dan tertutup atau introvert. Faktanya banyak orang salah mengartikan kepribadian seseorang yang tertutup menjadi pemalu. Lalu bagaimana cara membedakannya? Ini dia bedanya Sobat Coklat!

Introvert itu berbeda dengan rasa malu

Introvert bisa diartikan kepribadian dari seseorang yang memilih untuk tetap tenang dalam keadaan apapun Sobat Coklat. Orang yang memiliki kepribadian ini biasanya mempunyai tempat spesialnya sendiri. Misal di sebuah beranda dari loteng atau halaman belakang rumah yang cukup hening untuk membaca buku kesukaannya, dan itu ia dilakukannya sendirian. Nah, bedanya dari orang pemalu adalah adanya rasa takut dalam dirinya terhadap penilaian buruk dari orang lain Sobat Coklat.

Ilustrasi baca buku

Kehidupan sosial jadi hal “mengerikan” buat Si Pemalu

Hiruk pikuknya suasana dari satu populasi biasanya jadi hal yang dihindari oleh Si Pemalu Sobat Coklat. Mengapa? Orang-orang pemalu biasanya akan menghindari untuk terlibat pembicaraan yang mengharuskan dirinya untuk berpendapat. Nah, hal ini sangat berbeda dengan orang introvert. Mereka justru sama saja seperti orang yang ekstrovert yaitu senang untuk berkumpul dengan orang lain. Hanya orang-orang ini akan lebih bijak menempatkan dirinya Sobat Coklat.

Ilustrasi

Pemalu belum tentu introvert

Salah satu kelemahan orang yang ekstrovert adalah kurang bisa mengatasi demam panggung, atau perasaan grogi. Sedangkan oang-orang introvert meski terlihat pemalu, Ia adalah orang yang tenang dalam berhadapan dengan orang lain. Jadi, jika melihat pembawaan seseorang yang lebih terlihat kalem, jangan sangka dia orang pemalu ya Sobat Coklat!

Jangan salah melabeli orang introvert

Seringkali orang-orang introvert berubah menjadi seorang yang pemalu. Mengapa? Kepasifan mereka mungkin sering disalahartikan Sobat Coklat. Dan yang terjadi adalah kurang diajaknya jenis orang introvert dengan masyarakat. Meski bukan orang yang pemalu, tapi label pemalu dari orang sekitar akan membuat orang tersebut menjadi pemalu sejati Sobat Coklat.

Jadi, jangan salah mengelompokan orang pemalu dan intovert ya. Dan satu lagi, untuk yang introvert tetaplah enjoy dengan kepribadianmu ya, dan yang pemalu coba untuk lebih membuka diri ya Sobat Coklat!

Sumber: Intisarionline | vibirai.ru, img3.goodfon.ru, bahaiteachings.org

Tags : Pemalu , Introvert , Ekstrovert , Kepribadian