Tips Cerdas Memasak!

Tips Cerdas Memasak!

29 Feb 2016   |   By Karolina Ketaren   |   1644 Views

Coklatkita.com- Disela-sela kesibukan, mungkin Sobat Coklat masih menyempatkan untuk memasak sendiri. Selain rasanya lebih cocok di lidah, mungkin ini juga bisa menghemat pengeluaran kamu. Dan yang paling penting adalah perasaan puas bisa makan masakan kreasi sendiri. Berikut ini Coklat Kita meramu beberapa hal dasar yang bisa kamu praktikan saat memasak. Simak ya!

Sebelum dipotong cuci sayuran terlebih dulu

Kebersihan sayuran adalah hal yang penting untuk dijaga. Kebanyakan orang termasuk Sobat Coklat mencuci sayuran setelah dipotong dan bisa lebih dari sekali. Tapi ternyata, cara seperti ini kurang tepat kamu lakukan Sobat Coklat. Faktanya, nutrisi dan mineral dalam sayuran yang telah dipotong akan ikut larut bersama air. Jadi, akan lebih baik jika kamu cuci sayurannya terlebih dahulu baru memotongnya.

Teknik deep fry memang enak, tapi jangan lupa variasikan dengan yang lain

Salah satu makanan yang banyak disukai orang adalah makanan yang dimasak dengan menggunakan minyak yang banyak (deep fry), misalnya kentang goreng atau ayam goreng tepung. Karena enak dan begitu renyah, banyak dari kita yang mengira kalau itu sudah mencukupi gizi kita. Tahukah Sobat Coklat, makanan yang menyeyangkan tersebut bisa memicu kolesterol jahat? Nah, jika sudah tahu, kamu bisa menambahkan sayuran ke dalam menu ya Sobat Coklat.

Menggoreng telur dengan wajan

Gunakan wajan untuk menggoreng

Pernah tidak menggunakan tefon untuk menggoreng telur? Malasnya mencuci wajan membuat Sobat Coklat berpikir praktis memasak memakai teflon bukan? Dari sekarang, kebiasaanmu itu harus dihentikan Sobat Coklat. Lebih baik berepot-repot menggoreng dengan wajan. Mengapa?  Menggoreng dengan tenik pan fry ini ternyata bisa meningkatkan lemak jenuh dalam masakan Sobat Coklat. Hal penting lainnya adalah jangan mencoba menggoreng makanan dengan minyak zaitun. Saat dipanaskan, minyak zaitun akan memproduksi toksin atau racun.

Gambar membakar sate

Ganti arang dengan alat barbeque listrik

Sobat Coklat penyuka sate? Sate kambing, ayam, atau sapi sangat mudah untuk ditemukan di berbagai pelosok daerah. Tapi tahukah Sobat Coklat jika penggunaan arang bisa memicu gangguan pernapasan dan menyebabkan kanker? Jika senang dengan penganan dari daging ini, kamu bisa mengakali dengan memakai alat barbeque listrik. Bisa juga kamu mengatur pola makan kamu agar tidak terlalu sering makan sate ini Sobat Coklat.

Gambar menghangatkan makanan dengan microwave

Gunakan wadah khusus untuk memanaskan makanan

Kesibukan Sobat Coklat mungkin mengharuskan kamu bergerak cepat, termasuk untuk sarapan. Nah, tak jarang dari kamu menggunakan microwave untuk menghangatkan makan. Selain praktis, cara ini juga lebih cepat dibanding memasak. Yang harus diingat jika menggunakan alat ini, kamu harus mempunyai wadah khusus untuk makanan yang berbahan khusus. Dan yang penting jangan memanaskan makanan di wadah plastik ya Sobat Coklat. Mengapa? Zat pada plastik yang lepas pada saat pemanasan bisa memicu bibit kanker Sobat Coklat.

Yuk lebih cerdas lagi untuk hidup sehat Sobat Coklat. Selamat mencoba ya!

Sumber: Hipwee.com
Gambar: cdn.modernfarmer.com, travelerien.com, images.solopos.com, craveonline.com, whytoread.com

Tags : Tips Masak , kesehatan , Dapur , Sayur dan Buah