4 Sentra Industri Menarik Setelah Solo

4 Sentra Industri Menarik Setelah Solo

4 Aug 2016   |   By Harry Zein   |   1876 Views

Coklatkita.com-Sobat, bepergian ke Solo ternyata nggak melulu tentang wisata keraton. Kamu bisa juga datang ke Kabupaten Sukuharjo buat mencoba destinasi wisata alternatif setelah Solo. Kecamatan Mojolaban punya beberapa sentra industri rumahan yang bisa kamu lihat. Dari mulai kerupuk karak, rambak, gamela, hingga minuman khas yang megandung alkohol bisa dikunjungi dalam paket wisata Accor Solo Heritage Cycling Sobat.

sentra kok mojolaban

Sentra Shuttlecock

Salah satu rumah produksi dari kok yang bisa dituju adalah saha shuttlecock Marjoko, Kompas & Domas (MKD). Usaha rumahan ini dilakukan di rumah bertingkat dengan gaya modern yang mempunyai halaman depan yang cukup luas.  Bukan main-main, usaha ini sudah berkembang sampai memenuhi pesanan kok bahkan dari luar Sukoharjo. Dari tempat ini kamu bisa melihat proses produksi kok dari awal sampai pengemasan akhirnya Sobat.

pembuatan gamelan Mojolaban

Pembuatan Gamelan

Daerah desa Wirun, Mojolaban, Sukharjo adalah sentra produksi dari gamelan Sobat. Sejak dahulu desa ini sudah terkenal sebagai sentra gamela Sukoharjo. Asyik pastinya bukan melihat bagaimana sebuah gamelan dibuat sampai akhirnya bisa menghasilkan bunyi yang tepat Sobat Coklat? Sembari memotret kegiatan produksi, kamu bisa bertanya kepada para pengrajin buat nambah pengetahuan kamu Sobat.

pembuatan rambak

Sentra Karak dan Rambak

Jika pergi ke Solo, dua makanan bisa kamu jadikan oleh-oleh yaitu karak dan rambak Sobat Coklat. Di daerah lain karak dikenal dengan puli, gendar atau kerupuk beras Sobat. Nah, dari desar Gandingan ini Sobat bisa melihat proses pembuatan karak dari mulai pengukusan beras sampai di tahap penggorengan.

Setelah karak, rambak juga bisa kamu bawa pulang Sobat. Kerupuk dari kulit kerbau ini rasanya sayang kalau nggak ikutan kamu cicipi Sobat. Seperti karak, dari tempat ini bisa kamu lihat proses pembuatan rambak dari merendam kulit kerbau dengan air, memberi bumbu, memotong kulit, penjemuran, sampai rambak siap untuk disajikan.

sentra minuman beralkohol di Mojolaban

Pembuatan Alkohol Tradisional

Masih dari Mojolaban, dari kawasan lain kayak Desa Bekonang kamu bisa dapat pengetahuan lain tentang cara pembuatan alkohol. Nah ada tiga yang jenis alkohol yang dihasilkan sentra industri rumahan ini Sobat yaitu alkohol untuk minuman keras, alkohol untuk medis sampai buat bahan bakar Sobat. Dan semua proses disini masih sangat tradisional Sobat Coklat.

Sumber: kompas.com | Gambar:bpmpp.sukoharjokab.go.id, solopos.com, travel.kompas.com, jejak-bocahilang.com

Tags : Mojolaban , Accor Solo Heritage Cycling , Solo