Punya Indonesia, 4 Senjata Tradisional Ini!

Punya Indonesia, 4 Senjata Tradisional Ini!

19 Sep 2016   |   By Harry Zein   |   1975 Views

Coklatkita.com- Pernah melihat senjata tradisional Sobat Coklat? Bentuknya unik dan  mempunyai kekhasan daerahnya masing-masing bukan Sobat? Nah, beberapa senjata tradisional ini bahkan sudah banyak tersohor di dunia. Diantaranya banyak senjata ini, yuk intip 4 senjata daerah yang telah mendunia ini.

Rencong, Aceh

Inilah senjata tradisional khas Suku Aceh yang pernah dipakai untuk berperang dengan penjajah Sobat. Dimaknai sebagai simbol identitas diri dan keberanian, senjata ini tercatat telah digunakan masyarakat bumi serambi makkah di masa pemerintahan Kesultanan Aceh di bawah komando Sultan Ali Mughayat Syah.

Senjata ini disimpan oleh pemakainya dengan cara diselipkan di pinggang Sobat. Ingin melihat rencong dari zaman kesultanan dahulu Sobat? Tentu masih bisa, karena rencong ni telah diabadikan di Museum Sejarah Aceh.

Kujang, Jawa Barat

Senjata ini merupakan sejata khas Provinsi Jawa Barat yaitu dari dari Suku Sunda.Kujang diprediksikan telah ada sejak medio abad VIII dan IX, Sobat Coklat. Seperti rencong, senjata ini adalah simbol dari kekuatan serta keberanian orang Sunda.

Selain digunakan sebagai pelindung diri, senjata ini juga  kerap dimanfaatkan sebagai perkakas pertanian, hiasan, sampai cenderamata Sobat. Dahulu kujang hanya diperbolehkan dimiliki oleh kalangan tertentu seperti para raja, prabuanom, golongan pangiwa, penengen, maupun keturunan kerajaan saja Sobat.

Keris, Jawa Tengah

Jawa Tengah juga mempunyai senjata tradisional keris yang pastinya tidak asing lagi namanya untuk  Sobat Coklat. Jika dibandingkan dari kedua senjata sebelumnya, mungkin senjata ini yang paling populer di mancanegara. Seperti senjata lain, keris berfungsi untuk melindungi diri dari kejahatan. Selain itu, senjata ini juga merupakan pelengkap pakaian adat dan simbol kewibawaan masyarakat Jawa Tengah.

Bentuk dari keris Jawa Tengah ini sangat khas Sobat. Senjata yang bentuknya tidak simetris ini mempunyai tampilan yang melebar di bagian pangkal dengan bilah yang berkelok-kelok.

Mandau, Kalimantan

Senjata tradisional dari Suku Dayak yang ada di Kalimantan adalah mandau Sobat Coklat. Ciri khas dari senjata ini terletak pada ukiran di bagian bilahnya. Jika Sobat Coklat memperhatikan, pada bilahanan mandau terdapat tambahan lubang yang tertutup tembaga atau kuningan. Hiasan ini berfungsi penambah keindahan senjata khas daerah ini Sobat Coklat.

Sumber: Okezone.com | Gambar: goodnewsfromindonesia.org, atkinson-swords.com, anehdidunia.com, seputaraceh.com, kujangsiliwangi.com

Tags : Keris , Mandau , Rencong , Kujang , Senjata Tradisional Indonesia