Alasan Harus Bangga Punya Bahasa Indonesia!

Alasan Harus Bangga Punya Bahasa Indonesia!

7 Nov 2016   |   By K. Ketaren   |   1363 Views

Coklatkita.com- Sobat Coklat pasti setuju kalau bahasa Indonesia merupakan salah satu kekayaan negeri ini bukan? Nah Sobat, ada fakta lain tentang bahasa nasional kita yang bakal bikin kamu semakin bangga dengan Indonesia. Mari simak Sobat!

Salah Satu Bahasa yang Paling Populer di Australia

Untuk ke Australia Sobat Coklat mungkin akan giat belajar bahasa Inggris, tapi orang Australia sendiri ternyata belajar bahasa kita ini Sobat. Bahasa Indonesia bahkan menempati peringkat keempat untuk bahasa paling populer disana. Yang harus kamu tahu juga, 500 sekolah dasar disana mencantumkan pelajaran bahasa Indonesia pada kurikulumnya. Selain itu, beberapa universitas meneyediakan tempat kursus untuk mahasiswa yang berminat belajar Bahasa Indonesia. Jadi kamu jangan heran ya kalau banyak orang Australia disana yang bisa mengerti ucapan Sobat Coklat.

Merupakan 10 Besar Bahasa yang Paling Banyak Dipakai

Sobat Coklat, selain Australia ternyata masih ada 45 negara di seluruh dunia yang memperlajari bahasa Indonesia. Diantaranya Jepang, Vietnam, Mesir, Italia yang mengajarkan bahasa kita Sobat. Yang penting lagi, bahasa nasional ini masuk kedalam 10 besar bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh dunaia Sobat Coklat.

Pusat Studi Bahasa Indonesia ternyata ada di Afrika

Sobat Coklat rasanya rugi jika kita sebagai warga negara Indonesia tidak peduli dengan bahasanya. Perhatian yang cukup besar ternyata juga datang dari negari Piramid yang telah meresmikan Pusat Studi Bahasa Indonesia Sobat. Bertempat di Suez Canal University, hampir semua aspek ternyata dipelajari disana seperti ideologi, politik, pertahanan, juga sosial dan budayanya Sobat.

Di Jepang-pun ada Pusat Studi Bahasa Indonesia

Pusat kajian bahasa Indonesia juga terdapat di Negeri Sakura Sobat Coklat. Salah satu penjajah Indonesia ini bahkan mempunyai Perhimpunan Pengaji Bahasa Indonesia Seluruh Jepang atau yang dikenal dengan Nihon-Indonesia Gakkai. Selain itu, tak kurang dari 20 universitas di Jepang mengajarkan bahasa Indonesia. Pada tahun 1992, bahkan uji kemampuan berbahasa Indonesia pun mulai diberlakukan. Saat itu tercatat, lebih dari 12.500 orang peserta ikut berpartisipasi dalam uji kompetensi bahasa Indonesia.

Bahasa Prioritas di Vietnam

Sobat Coklat, negara tetangga kita ini ternyata cukup mengistimewakan bahasa Indonesia. Pada awalnya bahasa nasional kita telah disejajarkan dengan bahasa resmi negara mereka seperti bahasa Inggris, Perancis, dan Jepang. Setelahnya tak tanggung-tanggung, pemerintah Ho Chi Minh bahkan menetapkan bahasa negara kita menjadi bahasa resmi kedua setelah bahasa vietnam.

Banyak juga ternyata yang mempelajari bahasa Indonesia selain dari kita bukan Sobat Coklat? Nah, jadi sudah sepatutnya kamu bersyukur dan mulai berbahasa Indonesia dengan baik dan benar ya. Punya cerita menarik lain soal bahasa Indonesia Sobat Coklat? Share yuk!

Sumber: squiline.com | Gambar: antaranews.com, infonet.vn, republika.co.id, ppifukuoka.files.wordpress.com

Tags : Fakta Unik Bahasa Indonesia , Bahasa Indonesia di Jepang , Bahasa Indonesia di Australia