“Angklung Vibes” Manifestasi Keresahan dan Awal yang Besar dari Manshur Angklung

“Angklung Vibes” Manifestasi Keresahan dan Awal yang Besar dari Manshur Angklung

19 Mar 2022   |   298 Views

​Coklatkita.com - Budaya dan anak muda adalah hal yang sangat mencerminkan atau bahkan menjadi salah satu identitas dari suatu bangsa. Budaya kerap dianggap sebatas kesenian saja, padahal kebudayaan merupakan sistem gagasan, hingga tindakan yang erat dengan keseharian manusia. Memang pada akhirnya beberapa dikemas menjadi sebuah kesenian, supaya menjadi pesan maupun warisan yang harus terus digaungkan pada penerusnya Sobat.

 

Begitupun dengan salah satu warisan budaya tak benda yang telah diakui oleh UNESCO pada 16 November 2010 yakni Angklung. Alat musik sunda yang diakui dunia ini, tapi malah jadi “Warisan tak benda”? tentu karena banyak makna dan pesan yang terkandung dalam Angklung itu sendiri Sobat. Lalu jika bukan anak muda yang akan menerima dan meneruskan pesan yang disampaikan dari angklung sebagai sebuah manifestasi dari kebudayaan, siapa lagi ?

 

Untuk itu, sebagai aksi nyata dari seorang anak muda, Manshur Angklung hadir dengan single perdana bertajuk “Angklung Vibes”. Single ini dapat dikatakan sebagai manifestasi dari keresahan yang Manshur rasakan jika berbicara tentang musik angklung yang ia mainkan Sobat. Pandangan yang seolah meragukan angklung sebagi alat music yang fleksibel dan dapat dimainkan dalam setiap genre musik, dibayar lunas olah Manshur dalam perilisan single nya pada 12 Maret 2022 bertajuk ‘Angklung Vibes – An Intimate Showcase’. Manshur menunjukan bahwa angklung bisa sangat kolaboratif baik dengan berbagai genre music hingga brand pakaian bahkan action figure sebagai merchandise.

 

Tak cukup hanya dengan single nya, Manshur pun membawa sebuah pergerakan besar yakni Bring Angklung To The Next Level dimana iya berharap bahwa angkung dapat hadir dan diterima sebagaimana alat musik lainnya dan juga dapat mengaplikasikan hingga menyebarkan nilai – nilai yang terdapat pada angklung itu sendiri.

 

Disisi lain, sebagai rekan dan sesama musisi angkung, Teguh Gumilar pun melihat bahwa langkah yang diambil Manshur sebagai seorang anak muda, dianggap sangat membanggakan. Teguh pun berharap, dengan “Angklung Vibes” dan gerakan Bring Angklung To The Next Level, dapat menunjukan bahwa angkung bukanlah alat musik yang kuno dan dapat disepelekan, bahkan angklung dapat sejajar dengan instrumen modern lainnya.