Bakso Adalah Bakti Anak Pada Ibunya!

Bakso Adalah Bakti Anak Pada Ibunya!

9 Nov 2016   |   By Karolina Ketaren   |   1116 Views

Coklatkita.com- Setuju nggak kalau bakso termasuk makanan yang kamu saat sedang hujan Sobat Coklat? Dari latar belakang makanan yang sangat disenangi masyarakat Indonesia ini ternyata ada cerita mengharukan Sobat Coklat. Yuk, simak!

Dari brilio.net, Sabtu (5/11/16) bakso konon berasal dari negeri Cina Sobat. Di wilayah Fuzhou pada akhir Dinasti Ming sekitar abad ke-17, seorang pria baik hati bernama Meng Bo sedang merawat ibunya yang sakit Sobat Coklat. Ibu Meng Bo yang tua renta sangat gemar makan daging. Namun Ia sudah tidak bisa makan yang keras-keras seperti waktu muda dulu Sobat, akhirnya Ibu Meng Bo tidak pernah lagi makan menu kesukaannya itu.

Melihat kondisi ibunya yang sakit-sakitan, hampir setiap malam Meng Bo sangat sedih dan berpikir keras  agar ibunya bisa menyantap daging kembali Sobat Coklat. Sampai satu waktu Meng Bo tidak sengaja melihat tetangganya menumbuk beras untuk kue mochi. Hal itu kemudian yang menginspirasinya menumbuk daging untuk Sang Ibu. Dengan usaha keras, Ia akhirnya menumbuk daging, membentuknya menjadi bulatan-bulatan kemudian merebus daging tumbuk tersebut.

Saat bakso itu terhidang di depan Ibu Meng Bo, tentu Ibu Meng Bo bahagia bukan kepalang menyantapnya Sobat Coklat. Kini orang tua ini bisa makan daging yang lezat yang juga empuk Sobat. Kisah bakti Meng Bo yang mengharukan ini pun menyebar luas ke penjuru Kota Fuzhou. Hingga akhirnya banyak orang datang menemui Meng Bo untuk belajar membuat bakso Sobat Coklat.

Lantas mengapa dinamakan bakso? Sobat, bakso ini berasal dari kata bak yang berarti babi dan so yang artinya sup. Jadi kalau digabungkan, bakso artinya sup yang berasal dari daging babi. Jadi aslinya kamu sudah tahu kan jika bakso dulu terbuat dari daging babi. Nah dengan masuknya etnis Cina ke Indonesia, bakso mulai digemari juga Sobat Coklat. Namun karena mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim maka makanan ini pun dibuat terus dengan bahan daging sapi.

Begitu cerita tentang dibalik makanan yang kamu gemari ini Sobat. Kamu ada cerita lain mengenai sejarah dari makanan tertentu? Yuk, bagikan disini Sobat. 

Sumber: brilio.net | Gambar: huffpost.com

Tags : Sejarah Bakso