Tak Bisa Cegah Kuman Meski Dengan 4 Antisipasi Ini

Tak Bisa Cegah Kuman Meski Dengan 4 Antisipasi Ini

17 Oct 2016   |   By Widuri   |   1241 Views

Coklatkita.com - Banyak dari Sobat Coklat yang biasa saja dalam menghadapi sumber kuman, namun ada juga yang terlalu berlebihan dalam menghadapi sumber kuman, seperti toilet umum atau atm. Ada yang memakai sarung tangan hingga tidak bernafas di dalam lift karena ada yang bersin. Menyiksa ya Sobat.

Sayangnya, tidak semua cara untuk menghindari kuman itu benar. Philip Tierno, Ph.D, profesor mikrobiologi dan patologi di NYU School of Medicine, menjelaskan mengenai hal itu. Dikutip dari Prevention.com, inilah beberapa usaha menghindari kuman yang sia-sia dilakukan.

1. Memakai Sarung Tangan untuk Menyentuh ATM

Kamu menggunakan sarung tangan saat menggunakan mesin ATM ini sama sekali tidak mencegah kuman. Sederhananya kamu menggunakan sarung tangan yang menyentuh mesin ATM, lalu sarung tangan itu kamu lepas menggunakan tanganmu. Dan kuman pun menempel di tanganmu.

2. Berbagi Minuman dengan Sedotan Sendiri

Beberapa orang malas berbagi minuman dengan orang lain, bukan karena pelit melainkan enggan berbagi sedotan, biasanya solusi tercepat adalah menggunakan sedotan lain atau membalikan sedotan. Hal tersebut sangat sia-sia karena bagaimana pun bisa saja air liur orang lain mengandung kuman, terlebih jika orang tersebut mengalami infeksi saluran pernafasan atau sedang batuk.

Lebih baik kamu meminta gelas lain. Wadah yang beda lebih efektif menghindari kuman, dibadingkan dengan kamu berbagi di satu wadah yang sama.

3. Menggunakan Kaki untuk Menyiram Toilet

Bagi sebagian orang, menggunakan kaki untuk membuka pintu dan menyiram pada saat di toilet dianggap efektif untuk menghindari kuman yang bersarang di tempat tersebut. Padahal, kaki yang menyentuh toilet juga merupakan kontak fisik secara langsung, kecuali kamu bisa membuka dan menutup pintu toilet tanpa harus menyentuhnya. Rumit ya?

Lebih sederhana dan efektif kamu bisa gunakan tisu antiseptik untuk melapisi atau membersihkan dudukan toilet dan juga pintu. Setelahnya kamu bisa mencuci tanganmu atau menggunakan antiseptik.

4. Menahan Napas Saat Seseorang Bersin

Bersin adalah mekanisme tubuh untuk mengeluarkan kuman dalam tubuhnya. Karena pemahaman ini, kita seringkali menahan napas ketika seseorang di dekat kita bersin. Sudah tepat?

Kecuali kamu dapat menahan nafas untuk waktu yang sangat lama, upaya ini tidak akan membantu," kata Tierno. Pasalnya, kuman dari air liur bisa berlama-lama di udara.

Sebaiknya kamu cara tahan nafasmu dan agak menjauh sedikit dari orang yang bersin atau jika kamu sudah tahu temanmu ada yang tidak sehat, kamu perbanyak minum vitamin agar tidak tertular, Sobat.

Jadi kamu harus selalu rajin mencuci tangan atau siap sedia tisu antiseptic di tasmu untuk mengantisipasi kuman, bagaimana pun itu cara terekfektif dan mudah dilakukan ketika kamu menggunakan fasilitas umum.

Sumber : Prevention.com ; Pinterest.com

Tags : Hindari , Kuman