Tips Memilih Telur Segar

Tips Memilih Telur Segar

4 Mar 2016   |   By K. Ketaren   |   1356 Views

Coklatkita.com- Sobat Coklat mungkin pernah mengalami mencampur telur yang busuk secara tidak sengaja. Tentu hal ini akan menjengkelkan bukan? Nah, untuk menghindarinya kamu perlu ketelitian baik saat membeli telur atau hendak memasak. Berikut ini, tips gampang untuk membedakan telur segar dan busuk. Yuk simak!

ilustrasi rendam telur dengan air

Rendam telur dalam air

Pertama, yang bisa Sobat Coklat lakukan adalah merendam telur dalam wadah berisi air dingin. Kalau telur yang kamu simpan berada pada posisi tidur, maka sudah dipastikan telur tersebut masih segar. Jika posisi telur miring, itu berarti telur telah disimpan selama 3-5 hari Sobat Coklat. Bila telur berada pada posisi berdiri, diperkirakan telur telah disimpan selama 10 hari bahkan lebih. Yang terakhir, jika telur yang kamu simpan berada pada posisi mengambang, tandanya telur tersebut sudah busuk dan tidak layak untuk kamu gunakan Sobat Coklat.

Ilustrasi menyinari telur dengan lampu

Sinari telur dengan lampu atau senter

Hal kedua yang bisa Sobat Coklat lakukan adalah dengan memberi sorotan cahaya pada telur dengan senter atau lampu. Jika melihat warna telur terang dan jernih, maka telur itu berada dalam kondisi yang baik. Dan sebaliknya, jika telur berwarna buram, maka telur sudah dipastikan tidak dalam kondisi yang segar lagi.

Ilustrasi memechkan telur

Pecahkan telur dan lihat kondisi telur

Cara ini adalah cara yang paling sering kamu lakukan, yaitu memecahkan telur langsung untuk tahu kondisi layak atau tidak. Namun, pernahkah Sobat Coklat mencmapur satu telur busuk ke dalam banyak telur yang masih segar. Nah untuk menghindari hal itu, kamu bisa menyiapkan dua wadah berbeda. Wadah pertama untuk memecahkan telur, wadah kedua untuk menampung telur yang sudah jelas segar.

Jika kamu menemukan kuning telur yang pecah tapi tidak berbau, itu tandanya telur masih bisa dikonsumsi. Kondisi itu terjadi jika telur disimpan terlalu lama. Dan untuk telur yang busuk, sudah pasti kamu bisa membedakannya. Selain dari baunya yang sudah busuk, kuning telur akan berwarna kehijauan juga putih teur akan mengental.

Sumber: sajiansedap.com | Gambar: manchem.co.za, piximus.net, mission-frische.de

Tags : Telur , Aktivitas Harian