Tips Packing Rapih Sebelum Bertualang

Tips Packing Rapih Sebelum Bertualang

3 Aug 2015   |   By Alfan Baedlowi   |   1697 Views

coklatkita.com- Sobat Coklat sangat gemar atau hobi melancong? Tidak salah nya untuk mengetahui beberapa tips packing yang benar agar barang yang banyak bisa masuk semua ke dalam tas dengan maksimal dan tidak mengganggu perjalanan.

Packing tas carrier yang baik dan benar juga akan berpengaruh terhadap kenyamanan ketika anda hendak mengeluarkan barang barang di dalam tas. Dengan packing yang baik dan benar pula barang-barang akan tersusun rapi sehingga tas carrier mampu menampung banyak barang. Bagi Sobat Coklat yang belum mengetahui cara ini sangat efektif agar perjalanan tidak direpotkan dengan banyak bawaan di tangan.

Menyusun barang di dalam carrier memerlukan keahlian dan juga kesabaran dalam prosesnya bergantung pada tingkat keahlian dan selera masing-masing individu. Pada dasarnya tujuan melakukan packing ini adalah untuk mendapatkan penataan peralatan serta perlengkapan secara efisien.

Sehingga meskipun barang yang dibawa cukup banyak kita bisa menampung semuanya ke dalam carrier tanpa kesulitan,sehingga tidak merepotkan saat kita akan mengeluarkan beberapa perlengkapan selama dalam perjalanan. Cara packing tas carrier yang benar adalah susun sesuai berat barang bawaan.

Letakan barang yang sering kita gunakan di tempat yang paling mudah kita ambil.

Barang yang sering kita gunakan pasti akan keluar masuk ransel, seperti kamera, makanan ringan, air minum, senter, dan barang-barang kecil yang lainnya. Jangan letakan barang tersebut didalam ransel yang letaknya dibawah, karena dapat rusak dan susah ketika mengambil barang itu (mau bongkar tas lagi dan packing lagi untuk barang yang kecil?)

Letakan barang yang ringan di area paling bawah ransel.

Untuk yang ini, seperti Sleepeing Bag, sweeter, dan baju taruh di tempat paling bawah tas ransel. Kenapa?, karena barang-barang tersebut tidak sepenuhnya kita gunakan di perjalan, barang itu akan digunakan pada saat kita berkemah dan akan tidur.

Barang yang berat letakan pada bagian atas ransel.

Barang yang berat pasti menjadi kendala tersendiri, seperti tenda, air minum yang bisa mencapai 5 liter itu sangat berat dan pasti akan digunakan terlebih dahulu ketika akan ngecamp. Usahakan barang yang berat berada pada pundak agar beban berat tidak menyebabkan punggung sakit.

Maksimalkan ruang dalam tas ransel.

Misalkan sobat Coklat membawa kopi, kompor parafin, gula, mie, cooking set dan termos, barang tersebut dapat sobat maksimalkan di ruang yang ada dalam tas ransel.

Hindari menaruh barang diluar/menggantung di tas ransel.

Hal ini sangat membuat tidak nyaman bagi para pendaki, karena barang yang menggantung diluar tas akan mudan tersangkut, dan hal itu juga sangat tidak sedap untuk di pandang.

Berat tas ransel harus seimbang antara kiri dan kanan.

Beban yang seimbang akan sangat memudahkan sobat Coklat bermanuver, apabila beban tidak seimbang, maka akan menyulitkan ketika melalui jalur pendakian yang sulit dan keseimbangan tubuh juga akan terganggu.

Masukan ke kantong plastik.

Seperti baju, sweeter, sarung, atau sajadah, dan juga hape, kamera dll. wajib menaruh didalam kantong plastik, hal ini dapat melindungi barang-barang tersebut ketika hujan, karena memakai baju yang basah dan disertai dengan udara dingin dapat menyebabkan Hipotermia.

Pisah barang yang sewaktu-waktu diperlukan.

Contohnya Raincoat (Jas Hujan) dan obat-obatan. Barang-barang ini dapat sobat letakan dibagian paling atas dari tas carrier.

Teknik packing ransel ini merupakan bagian dari seni, jadi akan sangat tergantung dari selera dan keahlian masing-masing. Namun tetap, prinsip utama dalam packing adalah menyusun barang dengan rapi dan efisien tanpa harus membuat sobat repot. 

SELAMAT MENCOBA

Sumber: kpaaryasatya.mwb-id.com dan bakultas.com

Sumber Gambar: Bakultas.com dan hipwee.com