Ada Juga Lho Kota Janda

Ada Juga Lho Kota Janda

15 Dec 2015   |   By Alfan Baedlowi   |   2009 Views

Coklatkita.com – Jika di Indonesia ada kampung Arab, kampung Sunda, Kampung Jawa dan lainnya, maka Sobat Coklat jangan kaget ketika menemukan kota Janda. Tapi tenang saja, tempat tersebut bukan berada di Indonesia, tapi di India. Vrindavan, kota di distrik Mathura dari Uttar Pradesh, mendapat julukan sebagai kota para janda.

Dilansir BBC, setidaknya ada 6.000 janda yang menggantungkan hidup pada belas kasihan orang-orang di Vrindavan dan pedesaan di sekitarnya. Sebagian besar merupakan manula yang berasal dari Bengal. Mereka umumnya datang ke Vrindavan seorang diri untuk mengabdikan sisa hidup mereka ke untuk melayani Krishna. Tak sedikit pula yang datang untuk melarikan diri dari rumah atau dibuang oleh anak dan menantu.

Pihak yang ada disana kemudian mendirikan ashram, komunitas spiritual untuk menampung para wanita terlantar itu. Di sana mereka menghabiskan waktu untuk berdoa dan menyanyikan lagu-lagu pujian terhadap dewa, dan yang disayangkan adalah ashram-ashram itu hanya menampung ratusan janda. Ribuan sisanya terpaksa mengais rezeki dengan mengemis di jalanan.

Salah satu janda yang tinggal di Vrindavan adalah Saif Ali Das. Perempuan berusia 62 tahun ini menjanda setelah suaminya yang seorang pemabuk meninggal 14 tahun yang lalu. Putrinya meninggal di rumah sakit, sementara anak lelakinya dibunuh karena sengketa tanah. Sebatang kara, Saif mencoba bertahan hidup bersama janda-janda lain di Vrindavan.

Merdeka.com

Tags :