Fotografi Bawah Laut Berasal dari Masa Lalu?

Fotografi Bawah Laut Berasal dari Masa Lalu?

17 Sep 2016   |   By K. Ketaren   |   1644 Views

Coklatkita.com-  Sobat Coklat, pengambilan foto dari bawah laut sudah asing lagi mungkin buat kamu. Bahkan foto ini banyak digandrungi oleh masyarakat awam sekalipun. Beragam foto dengan pemandangan bawah laut bahkan ikut mewarnai trend foto fesyen, liburan, pre-wedding, sampai bulan madu Sobat Coklat.

Melihat banyaknya peralatan kamera aksi dengan berbagai kecanggihannya yang baru beredar, Sobat pasti berpikir kalau ide baru dilakukan di abad ini. Tapi fakta lain ternyata membuktikan lain Sobat, trend foto bawah laut ternyata tidak naik daun di masa kini saja melainkan sudah dilakukan di tahun 1899.  

Foto bawah laut pertama dilakukan oleh seorang fotografer perintis Louis Marie Auguste Boutan. Dan melalui arsip foto miliknya, foto penyelaman ini dianggap banyak pihak sebagai foto bawah laut pertama Sobat Coklat.

Dalam foto tersebut, Louis Boutan mengambil potret seorang ahli kelautan dan biologi bernama Emil Racovitza di Banyuls-sur-Mer di Perancis Selatan. Dari Peta Pixel, rincian akurat dari foto ini masih sulit dijabarkan Sobat. Namun, mereka memastikan bahwa foto ini bukanlah foto selfie. Tidak ada penjelasan yang menyebutkan berapa kedalaman laut dalam foto tersebun, namun sebuah data menyebutkan Boutan dianggap telah menemukan kamera bawah air pertama di tahun 1893. 

Saat itu, tantangan terbesar untuk pemotretan dibawah laut adalah pencahayaan. Akhirnya, dengan menambahan flash di bodi kamera Boutan baru bisa mengambil pencahayaan yang baik, itu pun setelah waktu 30 menit Sobat. 

Jika saat ini cahaya kamera bisa didapatkan dengan flash, Boutan harus membakar sebuah lampu alkohol di dalam tong kayu berisi oksigen. Mengambil foto dibawah laut saat itu tidak mudah Sobat karena harus ada seorang fotografer dan penyelam untuk menyesuaikan diafragma, piringan, dan shutter kamera ketika berada di bawah air.

Nah, Louis Boutan inilah salah satu fotografer bawah laut yang mahsyur pada masanya Sobat. Masih kekeh kalau fotografi bawah air baru ngetrend sekarang-sekarang Sobat? 

Sumber: CNN Indonesia | Gambar: alertdiver.com, flickr.com, revistaelbuzo.blogspot.com 

Tags : Fotografi , Foto Bawah Laut , Sejarah Fotografi Bawah Laut