Olah Raga dan Sejarah Nasionalisme

Olah Raga dan Sejarah Nasionalisme

2 weeks ago   |   By Soni Bebek   |   48 Views

Hari Olah Raga Nasional Ke 72

Coklatkita.com - Sejarah mencatat bahwa hari olah raga nasional dihubungkan pada pertama kalinya pekan lah raga nasional yang diselenggarakan di kota Paja Surakarta pada tanggal 9-12 September 1948 dan dibuka oleh Presiden RI yang pertama IR. Soekarno.

Ada satu hal yang hendak sedikit diulas tentang sejarah olah raga di Indonesia berkaitan dengan jiwa nasionalisme atlet-atlet Indonesia. Jiwa cinta tanah air dan harga diri sebagai bangsa yang berdaulat sedang diuji pada tahun 1948 ketika Indonesia hendak mengirimkan atlet-atletnya di olimpiade musim  panas yang digelar di Kota London Inggris.

Rupanya hal ini berkaitan dengan ditolaknya pasport atlet-atlet Indonesia karena Indonesia tidak terdaftar di International Olimpiade Commitee (IOC), hal ini wajar saja bagi Indonsesia karena baru saja merdeka, banyak yang belum dilakukan diusia kemerdedaan yang baru 3 tahun.

Pihak Inggris akhirnya memperbolehkan atlet Indonesia untuk ikut bertanding di olimpiade tersebut tetapi menggunakan pasport negeri Belanda. Hal ini ditolak oleh atlet-atlet Indonesia karena mereka berlaga di kancah internasional ingin membawa nama Indonesia.

Sebuah contoh bagi anak-anak muda Indonesia bahwa memupuk jiwa nasionalisme itu sangatlah penting, berkaitan dengan harga diri bangsa dan tentu kedaulatan sebuah bangsa. Dicontohkan oleh atlet-atlet Indonesia yang pada tahun 1948 menolak bertanding karena harus menggunakan pasport Belanda, bagi mereka lebih baik tidak berlaga dibanding hilang harga diri bangsa.

Masuk ke jaman-jaman berikutnya banyak atlet Indonesia yang memberikan sumbangan prestasi secara internasional dan tentunya membuat bangga seluruh rakyat Indonesia. Sebut saja sejak eranya Rudi Hartono, Liem Swie King, Susie Susanti sampai Taufik Hidayat yang bisa mengharumkan nama Indonesia, naik ke atas podium kejuaraan bulu tangkis tingkat dunia dan membuat bendera merah putih berkibar dan lagu Indonesia Raya berkumandang.

 

 

 

 

Tags :