Tradisi Unik Menyambut Kemerdekaan

Tradisi Unik Menyambut Kemerdekaan

17 Aug 2016   |   By Karol Ketaren   |   1498 Views

Coklatkita.com- Sudah tidak asing lagi bagi masyarakat mengadakan banyak perlombaan untuk menyambut kemerdekaan Republik Indonesia. Beberapa kompetisi seperti lomba makan kerupuk, balap karung dan kelereng, biasanya meramaikan kawasan pemukiman warga bukan? Meski perlombaan yang umum itu masih dilakukan Sobat Coklat, ternyata beberapa daerah di Indonesia punya kekhasan perlombaan 17 Agustus sendiri.

Telok Abang, Palembang

Sobat Coklat, nama telok abang ini diambil dari bahasa Palembang. ‘Telok’ atau telur, dan ‘abang’ yang artinya merah adalah sebutan untuk telur rebus berwarna merah Sobat. Kegiatan ini konon sudah berlangsung turun temurun sejak zaman kolonial Belanda dulu. Telur merah ini bisa Sobat temukan di miniatur perahu, pesawat, dan mobil-mobilan yang dijaul beberapa hari sebelum hari kemerdekaan.

Estafet Obor, Semarang

Membawa obor dijadikan masyarakat semarang sebagai simbol semangat meneladani perjuangan para pahlawan. Perlombaan ini bisa Sobat Coklat lihat pada malam hari di tanggal 17 Agustus. Yang main lomba obor ini bukan Cuma masyarakat umum saja Sobat, Gubernur dan atlit juga ikut memeriahkan estafet obor ini. Kebiasaan ini sudah dilakukan 32 tahun lalu.

Turnamen Bola dengan Sarung, Makassar

Daerah Mappanyukki, Makassar punya caranya sendiri untuk memainkan Si Kulit Bundar Sobat Coklat. Ketika bertanding, pada pemainnya menggunakan sarung sebagai atribut tambahan. Bisa kamu bayangkan Sobat para pemain  bola ini akan sulit menggerakan badannya.

Upacara Bendera di Tengah Laut, Yogyakarta

Setiap tanggal 17 Agustus tentu Sobat Coklat bisa melihat prosesi pengibaran bendera merah putih hampir di setiap kantor pemerintahan. Berbeda dengan upacara yang satu ini yang digelar di tepi pantai Sobat Coklat. Hampir setiap tahun Tim Search an Rescue (SAR) dan relawan Pantai Baron Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta melakukan upacara di pantai kemudian mengibarkan Sang Merah Putih di tengah laut.

Bagaimana dengan tradisi khas dari daerah kamu nih Sobat?

Sumber: opera.com | Gambar: regional.liputan6.com, kristupa.wordpress.com, phinemo.com, sportivomondiali.blogspot.com, redaksidakberenggot.blogspot.com

Tags : Tradisi Perayaan Kemerdekaan , yogyakarta , Makassar , Telok Abang