Biar Panjang Umur, Stop Mendengkur!

Biar Panjang Umur, Stop Mendengkur!

1 Apr 2016   |   By Karolina Ketaren   |   1426 Views

Coklatkita.com- Tahukah kamu Sobat kalau stroke menempati 3 urutan penyebab kematian di dunia? Di Indonesia sendiri Sobat, terdapat 12,1 orang dari 1000 warga yang terkena stroke di tahun 2013. Salah satu hal sepele yang bisa membuat kamu terkena stroke adalah kebiasaan mendengkur Sobat Coklat. Bagaimana ini terjadi?

Di tahun 2010, Sleep Heart Health Study menemukan kalau semakin parahnya dengkuran seseorang, maka resiko stroke juga semakin tinggi Sobat. Mendengkur dan henti nafas saat tidur (sleep apnea) juga dinilai sebagai penyebab meningginya penyakit stroke. Nah Sobat, kamu bisa mengukur indeks henti nafas (AHI). Contohnya, jika dengkuran mencapai 19 kali bahkan lebih perjam, maka resiko bisa meningkat sampai 3 kali lipat (berlaku pada kelompok usia paruh baya ke atas).

Ilustrasi tidur miring ke kanan

Penelitian lain dari The Journal of Clinical Sleep Medicine di tahun 2014 di Australia menemukan, penderita sleep apnea pada level sedang sampai parah (AHI>15/jam) punya resiko stroke sampai 3,7 kali lipat.

Tentang Sleep Apnea (Henti Nafas)

Sleep apnea ini ditandai dengan mendengkur kamu tidur Sobat. Mungkin ini jadi hal sepele bukan? Tapi ternyata hal ini harus diobati Sobat Coklat, selain mengurangi resiko penyakit stroke, hal ini juga membantu orang-orang yang tinggal serumah denganmu untuk tidur tenang. Mengapa? Saat penderita sleep apnea ini tidur, ada fase dimana henti nafas dan tersedak terdengar seperti suara orang yang tercekik Sobat. Hal ini akan menggganggu orang-orang sekitar kamu bukan?

Ilustrasi mengantuk di kantor

Selain itu mendengkur juga mengakibatkan tidur seseorang tidak nyaman Sobat. Saat bangun tidur, badan pendengkur tidak akan sesegar orang yang tidur normal. Hal ini terjadi karena sesak berulang yang menyebabkan otak tidak total beristirahat. Lebih jauh lagi, mereka akan mengantuk sepanjang hari, tentu hal ini mengganggu aktivitas bukan?

Bukan cuma stroke, mendengkur juga bisa menyebabkan penyakit hipertensi, gangguan jantung, stroke, diabetes dan impotensi Sobat. Jadi, hindari sikap tidur yang bisa bikin kamu mendengkur ya Sobat Coklat!

Sumber: kompas.com | Gambar: flipboard.com4488, iwanttoquitsmoking.com dan jejamo.com

Tags : Mendengkur , Sleep Apnea , Tidur , Stroke , Habits