Nangis Itu Ada Manfaatnya!

Nangis Itu Ada Manfaatnya!

29 Nov 2016   |   By Ulina K.   |   1612 Views

Coklatkita.com- Menangis sering kali diidentikan dengan kelemahan bukan Sobat Coklat? Tapi pernah nggak kamu melihat orang bahagia yang juga menitikan air mata Sobat? Bukan cuma mengekspresikan perasaan, tapi ternyata menahan air mata lebih bahaya daripada menangis Sobat. Inilah beberapa manfaat dari menangis yang bisa membuat bikin Sobat kaget.

Menurunkan Stres

Apa yang biasa kamu lakukan saat sedang stress Sobat? Berolahraga? Ya benar Sobat, kegiatan itu memang nggak ada salahnya, tapi cara lain bisa kamu lakukan untuk meredakan stress, yaitu menangis. Sobat, dengan mengeluarkan air mata, beberapa bahan kimia penyebab stress bisa hilang diantaranya prolaktin dan enkephalin leusin. Nah Sobat, stress sendiri ternyata berakibat buruk untuk kesehatan seperti masalah tukak lambung, hipertensi, dan masalah penyakit jantung. Saat stress, menangis saja Sobat.

Meningkatkan Mood

Nah Sobat Coklat, menangis bisa jadi jalan keluar untuk kamu yang emosinya sedang naik alias marah Sobat. Dengan menangis, tingkat emosi yang tinggi akan mengalami penurunan. Setelahnya, gelisah, cemas, marah, gangguan emosi, dan depresi akan menghilang Sobat.

Membuat Perasaan Lebih Tenang

Frustasi dan cemas biasanya kan reda setelah menangis Sobat Coklat. Meskipun saat menangis kamu akan merasakan perasaan yang tidak karuan atau meledak-ledak, namun setelahnya beban kamu akan terasa lebih ringan dan membuat kamu lebih santai Sobat.

Mematikan Bakteri pada Mata

Sobat Coklat, ternyata fungsi dari air mata sangat penting yaitu sebagai antivirus dan antibakteri. Nah dalam mata terkandung zat lisozim yang bisa membunuh 95% bakteri dalam waktu 5 menit saja. Luar biasa bukan?

Membersihkan Mata

Fungsi yang paling umum dari menangis memang membasahi mata, Sobat Coklat. Setelah menangis, mata dan kelopak mata akan terlumasi sehingga tidak terjadi dehidrasi mata pada membran mukosa. Menangis juga membuat mata kamu lebih bersih Sobat.

Jadi, sesekali menangis nggak ada salahnya bukan Sobat Coklat?

Sumber: segiempat.com | Gambar: truepoop.com, huffpost.com

Tags : Manfaat Menangis