Populer di Amerika, Ayam Cemani Ternyata Punya 6 Hal Ini!

Populer di Amerika, Ayam Cemani Ternyata Punya 6 Hal Ini!

11 Feb 2017   |   By Karolina Ketaren   |   2071 Views

Coklatkita.com- Salah satu jenis ayam khas Indonesia yaitu ayam cemani sedang menjadi unggas primadona di luar negeri. Bahkan jenis ayam ini tengah dikembangkbiakan oleh peternakan asing bernama Greenfire Farms dan dijual dengan harga yang fantantis di Amerika Serikat, Sobat. Namun apa kamu sudah tahu fungsi dan fakta dari ayam asal Indonesia ini?

Terkenal Sejak Masa Kerajaan Majapahit

Menurut cerita yang beredar dari tempat ayam ini berasal yaitu Kota Temanggung, unggas berwarna hitam ini rupanya sudah dikenal istimewa sejak Era keemasan Kerajaan Majapahit tepatnya abad ke-15, Sobat. Konon, pemilik pertama ayam cemani ini merupakan seorang petapa bernama Ki Ageng. Ayam cemani miliknya ini berparuh putih dan dipercaya dapat mengobati penyakit.

Keberhasilan ayam milik Ki Ageng dalam mengobati penyakit membuat jenis ayam tersebut dikembangbiakan, Sobat. Akhirnya, ayam cemani pertama tersebut dikawinkan dengan air lain yang berwarna hitam juga, namun yang dihasilkan ternyata ayam dengan warna hitam keseluruhan termasuk paruhnya. Kata cemani sendiri ternyata berasal dari bahasa sansekerta yang berarti hitam legam, Sobat.

Pelengkap Upacara Adat

Keunikan dari ayam ini membuatnya disertakan untuk melengkapi upacara adat seperti ritual bersih desa, sekatenan, bahkan grebeg maulud. Masyarakat percaya bahwa ayam ini mampu menolak perbuatan jahat dari makhluk halus. Tradisi menyertakan ayam cemani dalam upacara adat inii bahkan masih bertahan dan banyak dilakukan hingga kini, Sobat Coklat.

Pembawa Keberuntungan

Sobat, semakin hitam warna dari ayam Lamborghini ini, maka harga pun akan semakin tinggi terjual. Menurut kepercayaan yang beredar, ayam unik ini dipercaya dapat membuat pemiliknya beruntung.

Ada 3 Jenis Cemani “Sakti”

Sobat, meskipun ayam cemani dapat dilihat dari keseluruhan tubuh yang berwarna hitam, namun ternyata ada 3 jenis cemani yang paling diburu yaitu cemani widitra, warastratama, kaikayi. Ketiga ayam ini konon diburu karena mempunyai beberapa kekuatan magis yaitu, cemani widitra dapat menolak bala, cemani warastratama sebagai pelengkap upacara adat, serta cemani kaikayi yang dilengkapi bulu hitam dan warna biru laut, yang konon bisa mengangkat santet.

Telurnya Berwarna Putih

Tidak ada perbedaan warna terharap isi telur ayam cemani dengan ayam lain, Sobat. Seperti jenis telur ayam lain, isi telur ayam cemani jika direbus tetap berwarna putih tulang. Warna hitam pada ayam cemani akan muncul ketika dalam tubuh ayam terjadi perkembangan embrio. Menurut perkiraan sejumlah ilmuwan, mutasi fibromelanosis yang menyebabkan warna hitam terhadap tubuh ayam ini tidak menyebar hingga ke cangkang telur. Jadi, seperti telur ayam pada umumnya tidak ada perbedaan dari warna telur ayam cemani ini, Sobat.

Semakin Hari Semakin Langka

Kian hari harga dari ayam ini semakin mahal saja, Sobat. Karena kelangkaan ayam ini, seekor ayam ini mampu dihargai hingga puluhan juta rupiah. Di Indonesia sendiri ayam ini sudah jarang diternakan karena banyaknya anggapan bahwa beternak ayam ini bertentangan dengan ajaran agama dan sangat identik dengan ritual kuno.

Nah Sobat, tertarikah untuk memelihara ayam cemani ini?

Sumber: wowasiknya.com | Gambar: aksam.com, pustaka digital Indonesia, viralforest.com

Tags : Ayam Cemani , Fauna Unik Indonesia