Berkisah Tentang Majapahit dari Museum Trowulan

Berkisah Tentang Majapahit dari Museum Trowulan

30 Jul 2016   |   By Karol Ketaren   |   2771 Views

Coklatkita.com- Sebelum bersatu menjadi sebuah negara, Indonesia atau yang dahulunya dikenal dengan Nusantara merupakan wilayah-wilayah dibawah pemerintahan kerajaan. Nah Sobat, satu kerjaan yang konon paling besar adalah Kerajaan Majapahit yang melegenda di tahun 1300.

Meskipun banyak perdebatan mengenai luas Kerajaan Majapahit sebagai kerajaan dengan wilayah terluas, namun dari sejarahnya kerajaan ini memang pernah berjaya di Nusantara. Untuk melihat kemahsyuran dari kerajaan masa lalu ini, Museum Trowulan yang berada di Mojokerto bisa kamu kunjungi Sobat Coklat.

ruang pamer museum trowulan

Di Museum ini terdapat 7 ruang pamer yang berisikan peninggalan Majapahit, Sobat . Karena museum ini terletak di tempat yang konon menjadi pusat pemerintahan Majapahit dulu, bisa dibilang benda koleksi museum ini adalah yang terlengkap Sobat. Satu hal lain yang bisa membuktikan adalah dekatnya jarak dari Museum ini dengan beberapa situs kerajaan seperti, Kolam Segaran Jon, Candi Tikus, Candi Bajang Ratu, Candi Gentong, Candir Wringin Lawang, dan Candi Brahu, dan Candi Minak jinggo Sobat.

museum trowulan

museum trowulan 2

Jika hendak berkungjung, museum ini buka dari pukul tujuh pagi hingga tiga sore Sobat. Selain berkeliling ruang pamer, kamu juga bisa melihat aktifitas penggalian situs yang masih dilakukan di sekitar area museum Sobat. Dengan harga Rp. 5000 rupiah, satu buah tiket masuk sudah bisa kamu dapat. Manjakan khayalan tentang kerajaan masa lalu di tempat ini Sobat dan jangan takut bertanya pada petugas museum yang siap memberikan banyak informasi buat kamu.

Setelah puas mengunjungi museum ini, satu hal yang bisa dilakukan adalah bersantai di taman Museum Trowulan yang begitu luas, Sobat. Sebagai kegiatan penutup, coba juga kuliner khas Mojokerto yaitu masakan ikan wader yang langsung ditangkap dari Kolam Segaran Majapahit Sobat. Selamat berwisata ya Sobat!

Sumber: kompas.com | Gambar: wisataterindah.net, intaninchan.wordpress.com, m.log.viva.co.id, itchcreature.com, wego.co.id 

Tags : Museum Trowulan , Mojokerto , Wisata museum , Majapahit