Ke Temanggung? Jangan Lewatkan Nasi Goreng Tembakau!

Ke Temanggung? Jangan Lewatkan Nasi Goreng Tembakau!

13 Sep 2016   |   By K. Ketaren   |   1419 Views

Coklatkita.com- Sobat Coklat, apa jadinya jika tembakau digunakan sebagai penyedap makanan? Nah Sobat, di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah hal ini adalah hal yang biasa. Jika kebetulan melitasi daerah Temanggung, Sobat Coklat akan merasakan aroma tembakau yang begitu kuat karena sepanjang jalan terhampar kebun tembakau yang luas. Dan daun itu dipakai salah satu rumah makan untuk menyedapkan nasi goreng Sobat.

Meski tidak banyak penduduk yang mengetahui kuliner ini, namun menu ini sedang naik daun diantara para pemburu kuliner tradisional Sobat. Bahkan kalau bertanya kepada penduduk setempat, pasti banyak yang mengatakan kalau masakan ini tidak pernah ada Sobat Coklat.

Untuk berburu kuliner ini kamu perlu mendatangi Alun-alun Temanggung. Karena belum banyak diketahui orang, mencarinya akan cukup sulit. Jadi, pastikan secara teliti meihat-lihat di sisi alun-alun barat Sobat Coklat, dan itulah lokasi nasi goreng yang sedang hits ini. Karena didominasi dengan banyaknya toko oleh-oleh khas Temanggung, hanya tulisan nasi goreng mbako (tembakau) yang bisa  menjadi penanda tempat kuliner ini Sobat Coklat.

Nama dari warung nasi tembakau ini disebut Tebers Sobat, kependekan dari Temanggung Bersenyum. Tempatnya begitu klasik Sobat, dengan cat berwarna kuning yang dibuat mengelupas dan menonjolkan warna merah bata supaya terkesan lampau. Deretan foto dari Bupati lawas Temanggung juga menghiasi dinding yang saling berderetan dengan banyak kuali dari tanah liat. Kesan jaman dulu juga tampak dari warna kayu kusam pada meja dan kursi dari tempat ini.

Ada dua nasi menu nasi goreng yang bisa kamu cicipi Sobat yaitu nasi goreng mbako dan nasi goreng mbako srinthil. Nah Sobat, meskipun tembakau adalah tumbuhan khas dari kota ini, namun harga dari kedua nasi ini berbeda Sobat. Untuk nasi goreng mbako dibanderol Rp. 14 ribu sedangkan nasi goreng mbako srinthil dengan tembakau srinthil lebih mahal lagi yakni Rp. 19 ribu.

Ketika pesanan kamu sudah datang Sobat, janganlah heran dengan warna kemerahan pada nasi mbako ini. Menurut salah satu pekerja yang bernama Anang, warna nasi ni diperoleh dari campuran biji tembakau yang sudah ditumbuk halus Sobat Coklat. Hasilnya, aroma khas tembakau dengan rasa sedap yang lebih gurih dari nasi goreng ini.

Bukan hanya dijadikan sebagai campuran bumbu saja Sobat, tembakau yang menemani suwiran ayam dan bawang goreng digunakan sebagai taburan dari nasi goreng. Untuk nasi goreng mbako srinthil, garnisnya terdiri dari bawang merah, potongan cabai hijau, dan potongan daging kabing Sobar Coklat. Irisan mentimun, tomat, dan lagu emping melinjo seperti nasi goreng aceh yang ada emping melinjonya juga Sobat.

Rajangan dari daun tembakau ini membuat nasi goreng ini lebih nikmat Sobat, meskipun ada rasa pahit saat kamu mengunyahnya. Sekalipun kamu bukanlah perkok, tetap aroma tembakau dari nasi goreng ini terasa sedap Sobat.

Setelah puas menyantap nasi goreng ini, untuk penutupnya ada jus khas yang patut kamu coba yaitu jus tebers. Jus ini berasal dari sawi hijau yang dihaluskan dengan nanas.

Sumber: travel.tempo.co | Gambar: tempo.co, komunitaskretek.or.id, newsmedia.co.id

Tags : Nasi Goreng Tembakau , Khas Temanggung