Wisata Cahaya di Geopark Gunung Sewu

Wisata Cahaya di Geopark Gunung Sewu

29 Aug 2016   |   By K. Ketaren   |   1628 Views

Coklatkita.com- Tidak hanya terkenal dengan pantainya yang indah, di Jawa Timur kamu juga bisa memanja mata dengan berwisata di gua. Salah satu destinasi yang bisa dikujungi adalah Gua Gong yang terletak Geopark (Taman Bumi) Gunung Sewu, Kabupaten Pacitan. Wisata ini adalah salah satu andalan dari kawasan pesisir ini Sobat.

Lantas apa yang unik dari gua ini Sobat Coklat? Pernah melihat gua dengan jajaran stalakmit dan stalaktit yang disinari dengan lampu warna-warni? Nah Sobat, hal ini bisa kamu temukan di Gua Gong yang setiap dua menit sekali mengalami pergantian warna. Hijau, biru, merah, dan putih akan menyala akan bergantian menyinari seluruh penjuru dari batu alam ini Sobat. Ada sekitar 7 ruang gua untuk dieksplorasi. Satu ruangannya dibatasi pintu batu berongga yang akan menyempit. Dan untuk menelusuri gua ini, tersedia jalur memutar yang panjangnya 520 meter.

Tidak usah khawatir  menjajaki rute ini Sobat, meskipun didominasi dengan jalan yang menurun, untuk keamanan telah dipasang stainless steel yang membatasi sisi kanan dan kiri gua Sobat. Dan saat mengitari gua kamu juga tidak usah takut kepanasan sebab ada blower yang sudah dipasang disana.

Di ruang pertama, kamu akan dimanjakan dengan banyak stalakmit dan stalaktit menyerupai sedotan, yang dinamakan taman bidadari. Menuju ruang kedua, mata Sobat Coklat akan dimanjakan dengan gundukan batu dengan permukaan yang tidak rata. Sekilas gundukan batu ini akan terlihat seperti banyak patung yang berderet Sobat.

Stalaktit besar dan stalakmit dengan ukuran besar akan kamu temui di ruang tiga Sobat Coklat. Warga setempat dari Desa Bomo menyebutkan batu di ruang ketiga ini sebagai penyangga langit-langit bumi (selo dudur langit). Istilah lain juga untuk bebatuan alam ini pun digunakan di ruang keempat, batu penyangga yang ada disebut dengan selo citra cipta agung, yang dimaknai sebagai simbol kebesaran ciptaan dari Yang Maha Agung. Jika dibandingkan dengan batu di ruang ketiga, batu di ruangan ini lebih terlihat putih dan lebih berkelip saat disorot cahaya lampu.

Gua Gong 3

Kamu bisa menemukan keindahan batu alam lain di ruang ketujuh Sobat Coklat. Tempat ini menyimpan batu yang menjuntai indah yang diberi nama cengger bumi. Nah yang unik adalah jika dipukul batu ini akan mengeluarkan bunyi seperti gamelan Jawa Sobat Coklat. Ini sebabnya Gua ini disebut dengan Gua Gong Sobat Coklat.

Untuk memasuki gua ini Sobat akan dikenai biaya retribuasi sebesar Rp. 12 ribu di akhir pekan dan Rp. 10 ribu di hari biasa, sedangkan untuk anak-anak tetap sama yaitu Rp. 5 ribu saja. Tertarik untuk mengunjungi gua bercahaya ini Sobat Coklat?

Sumber: Tempo.co | Gambar: haiineola.com, tobasatu.com, viva.co.id, initempatwisata.com

Tags : Gua Gong Pacitan , Wisata Gua Indonesia , Wisata Jawa Timur